Rumus Menghitung Median beserta Contoh Soal

Perhitungan median bersama dengan contoh data tunggal Pertanyaan median dan data kelompok – Artikel berikut akan membahas meditasi, mulai dari pemahaman median.

Kemudian kita akan membahas secara mendalam rumus median mulai dari rumus median dari data tunggal, rumus dari data median yang dikelompokkan dan rumus pencarian median.

Selain itu, kami akan memberikan contoh pertanyaan median mulai dari contoh median data kelompok dan median data tunggal, sehingga dapat mengetahui dan memahami cara menghitung median, cara menemukan median, dan bagaimana menemukan data grup median.

Tapi pertama-tama kamu juga harus tahu, mengerti dari median itu sendiri.

Median adalah nilai yang ditemukan di tengah data yang dipesan, dari nilai terkecil hingga terbesar.

Artinya, median membagi data menjadi dua bagian yang sama. Cara menentukan median biasa diwakili oleh hufu m, tergantung pada jumlah data yang biasanya diwakili oleh huruf n.

Jika jumlah data ganjil, median adalah nilai rata-rata dari data yang telah dipesan. Jika untuk sejumlah data datanya genap, median adalah rata-rata dari dua jumlah di tengah setelah data telah diurutkan.

Rumus median data tunggal

Rumus data median yang sama dibagi menjadi dua bagian, tergantung pada jumlah data. Itu adalah median angka ganjil dan median angka genap.

Jumlah rumus median yang ganjil

Contoh Masalah:
Lima anak menghitung jumlah kelereng yang mereka miliki, dari perhitungan mereka, jumlah kelereng yang mereka tahu adalah sebagai berikut.
5, 6, 7, 3, 2
Apakah median jumlah kelereng?
balasan:
Karena jumlah data ganjil, perhitungan median menggunakan rumus median untuk data ganjil. Proses perhitungannya adalah sebagai berikut.
Dari rumus matematika di atas, kita mendapatkan bahwa median adalah x3. Untuk menemukan x3, data harus disortir terlebih dahulu. Hasil pengurutan data adalah sebagai berikut.
2, 3, 5, 6, 7
Dari hasil urutan kita dapat mengetahui bahwa median (x3) adalah 5.

Rumus angka yang sama

Contoh :

Sepuluh siswa diambil sampelnya dan dihitung tinggi badannya. Hasil dari sepuluh pengukuran tinggi siswa adalah sebagai berikut.
172, 167, 180, 171, 169, 160, 175, 173, 170, 165
Hitung median dari data tinggi badan siswa!
balasan:
Karena jumlah data genap, perhitungan median menggunakan rumus median untuk data genap. Proses perhitungannya adalah sebagai berikut.
juga perhitungan data median
Untuk melanjutkan perhitungan, pertama-tama kita harus mengetahui nilai x5 dan x6. Dua nilai data dapat diperoleh dengan memesan semua data. Hasil pesanan adalah sebagai berikut.

160, 165, 167, 169, 170, 171, 172, 173, 175, 180
Dari urutan ini nilai x5 sama dengan 170 dan x6 sama dengan 171. Dengan cara ini dimungkinkan untuk melanjutkan perhitungan median.
Komentar:
Saya = median
n = jumlah data
x = nilai data
Rumus median dari data grup

Data kelompok median diberikan dalam bentuk kelas interval, sehingga mereka tidak dapat segera menemukan nilai median jika kelas median diketahui.
Baca juga: Definisi sinar gamma: sumber, manfaat, dan bahaya seumur hidup

Rumus median dari data

Saya = median
xii = batas bawah median
n = jumlah data
fkii = frekuensi kumulatif data di bawah kelas median
fi = frekuensi data di kelas median
p = panjang interval kelas
Contoh pertanyaan:
Sebanyak 26 siswa dipilih sebagai juara dalam penelitian kesehatan di sebuah universitas. Siswa yang dipilih diukur berdasarkan berat badan. Hasil pengukuran berat disajikan sebagai data kelompok sebagai berikut.
Hitung berat rata-rata siswa!

Jawabanku:
Sebelum menggunakan rumus di atas, sebuah tabel dibuat untuk menghitung frekuensi kumulatif data. Tabelnya adalah sebagai berikut.
Selanjutnya adalah menentukan nilai-nilai yang akan digunakan dalam rumus.
Jumlah data adalah 26, sehingga median adalah antara data 13 dan 14. Data 13 dan 14 berada di kelas interval 4 (61-65). Kami menyebut kelas interval 4 ini sebagai kelas median.
Melalui informasi tentang kelas median, kita dapat memperoleh batas bawah kelas median sama dengan 60,5. Frekuensi kumulatif sebelum kelas median adalah 9 dan frekuensi kelas median sama dengan 5. Diketahui juga bahwa panjang kelas sama dengan 5.
Secara matematis dapat diringkas sebagai berikut:
xii = 60.5
n = 26
fkii = 9
fi = 5
p = 5
Dari nilai-nilai ini kita dapat menghitung median menggunakan rumus median dari data grup.
Sehingga berat badan rata-rata siswa adalah 64,5 kg.
Ini dia, ulasan tentang makna median, rumus median dan juga contoh masalah. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*